Sejarah

Politeknik META Industri Cikarang didirikan pada 21 Agustus 2011 oleh Johan Junus Tamsir dan Bambang Trjiatmoko S J. Politeknik META Industri Cikarang berada di Kawasan Cikarang Technopark, dimana Kawasan ini berhubungan dengan Industrial, Academic (Politeknik META Industri), Business & Development (META ATMI Didactic, META Jobs, META Bright Vision), sehingga dapat menunjang kebutuhan industri secara tepat dan efisien. Peresmian kampus Politeknik META Industri Cikarang dilakukan pada tahun 2015, diresmikan langsung oleh Menteri Riset,Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Mohammad Nasir, Ph.D., Ak. di bawah naungan Yayasan META Edutech.

Politeknik META Industri Cikarang (MIP – Meta Industrial Polytechnic) menyelenggarakan pendidikan tinggi vokasi DIII dengan kurikulum Career Based Educational / Vocational yang unggul dan inovasi riset terapan melalui kemitraan industri lokal yang berkaitan dengan Farmasi, Teknik Industri, serta Teknik Komputer & Informatika. Pendidikan vokasi Politeknik META Industri Cikarang sejalan dengan program pemerintah dalam menciptakan sistem kompetitif yang memiliki kecakapan vokasional dasar serta kecakapan vokasional khusus. Program ini didukung oleh lingkungan kampus yang kondusif dalam menghasilkan lulusan unggul dengan keterampilan intelektual (hard-skill) dan keterampilan sosial (soft-skill) yang mumpuni melalui 3 program studi yaitu Farmasi, Teknik Industri, serta Teknik Komputer & Informatika.

Kerjasama Internasional yang dibangun antara Politeknik META Industri dengan Jeonju University menghasilkan pusat bahasa Korea yang bernama META-JOUNJU KOREA CENTER (MJKC). Politeknik META Industri juga menjalin hubungan Kerjasama dengan beberapa perusahaan terkemuka, seperti Triputra Group, Dharma Group, PT Trimitra Chitrahasta, dan lainnya. Politeknik META Industri telah melakukan proses akreditasi untuk 3 program studi yang dimiliki, dimana program studi Farmasi telah terakreditasi oleh LAM-PTKES, Teknik Industri serta Teknik Komputer & Informatika terakreditasi BAN-PT.