Kuliah Lapangan Tanggal 5 Desember 2019 di Pameran Manufacturing Indonesia 2019

Kuliah Lapangan Tanggal 5 Desember 2019 di Pameran Manufacturing Indonesia 2019

Mahasiswa Program Studi Teknik Industri, Politeknik META Industri Cikarang melaksanakan kuliah lapangan bersama Dosen Pendamping pada tanggal 5 Desember 2019 di ajang Manufacturing Indonesia 2019 bertempat di JiEXPO Kemayoran Jakarta. Acara tersebut berlangsung 4-7 Desember 2019 yang merupakan pameran internasional terbesar, menampilkan teknologi otomasi dan berbagai layanan manufaktur di Indonesia. Ribuan mesin dan sistem yang didukung dengan smart technology 4.0 dipamerkan bersamaan dengan kegiatan Machine Tool Indonesia, Tool & Hardware Indonesia, dan Industrial Automation & Logistic Indonesia, serta Subconstructor Industry 2019. Ada lebih dari 1.500 perusahaan dari 39 negara, baik perusahaan lokal maupun internasional yang berpartisipasi pada pameran kali ini. “Menjadi pelopor pabrik pintar di Indonesia, perusahaan-perusahaan tersebut memberikan informasi dan gambaran mengenai perkembangan industri 4.0 di sektor manufaktur Indonesia dan pada saat yang sama, membantu Indonesia bersiap diri menyambut era disrupsi,” kata Maysia Stephanie, Event Director PT Pamerindo Indonesia.
Menyiapkan pusat data terpadu dan solusi berbasis data yang memungkinkan otomasi, merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh industri manufaktur saat ini dengan kecepatan, efisiensi, inovasi dan kreativitas yang tak terbatas. Solusi berbasis data tersebut mengadopsi teknologi informasi dan komunikasi seperti Internet of Things (IoT), Cloud Computing, Artificial Intelligence, Mobility Virtual, Augmented Reality, dan Big Data. Kemajuan teknologi yang dimiliki akan menjadi sia-sia jika tidak diimbangi dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia. Pelaku industri harus melakukan pelatihan dan pengembangan bagi sumber daya manusia mulai dari pendidikan vokasi di tingkat sekolah menengah hingga perguruan tinggi untuk menyelaraskan kebutuhan industri yang terus berkembang dan meningkatkan daya saing industri manufaktur di Indonesia. Kegiatan ini sangat mendukung link & match Industri dengan Akademisi khususnya Vokasi untuk mengantisipasi gap skill lulusan dengan kebutuhan industri saat ini dan kedepannya.

Selain pameran, juga dilaksanakan secara paralel yaitu seminar dan workshop terkait industri dengan berbagai topik. Mahasiswa bisa menambah wawasan di kegiatan ini untuk melakukan networking di dunia industri secara global. Beberapa kompetensi praktis yang bisa diperoleh diantaranya workshop PLC, pemrograman robot industri, pembelajaran CNC, pemahaman sistem otomasi industri yang terintegrasi dengan sistem Informasi manajemen, dan lain-lain.

WhatsApp Tanya Politeknik Meta Industri